LOMBA MADRASAH TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2022
JUKNIS LOMBA MADRASAH TINGKAT KABUPATEN
DALAM RANGKA HAB KEMENAG KE-77 TAHUN 2023
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LUMAJANG
A. Peserta dan Jenis Lomba.
I. Peserta ;
Peseta lomba adalah semua madrasah
di lingkungan Kantor kementerian Agama Kabupaten Lumajang yang sudah mendapat
ijin operasional dari Kementerian Agama untuk semua jenjang :
1. Roudlotul
Athfal (RA)
2. Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
3. Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
4. Madrasah
Aliyah (MA)
II. Jenis Lomba;
Lomba dikelompokan menjadi 3, yaitu
:
1. Lomba Madrasah Berprestasi
2. Lomba Madrasah Inspiratif
3. Lomba Madrasah Inovatif
B. Petunjuk Teknis Lomba Madrasah
I. Aturan Lomba.
1. Lomba diawali dari tingkat kecamatan untuk jenjang RA dan
MI, tingkat KKM korrwil untuk jenjang MTs dan MA.
2. Masing masing madrasah memilih jenis lomba yang akan
diikuti.
3. Madrasah peserta lomba mengumpulkan berkas portofolio
kepada panita lomba sesuai dengan jenis lomba yang diikuti
4. Penilaian didasarkan pada portofolio dan dilaksanakan
oleh juri yang terdiri dari pengawas madrasah (silang pengawas).
5. Data yang dimasukan falam portofolio adalah data selama 3
tahun terakhir dan dibuat rangkap 3 (3 eksemplar)
6. Pada tingkat kecamatan/korwil ini diambil 1 (satu)
madrasah terbaik untuk jenjang RA dan MI, 2 (dua) madrasah terbaikuntuk jenjang
MTS dan MA pada masing masing jenis lomba guna mengikuti lomba tingkat
Kabupaten.
7. Penilaian lomba
tingkat Kabupaten didasarkan pada portofolio yang sudah terkumpul dan
kunjungan lokasi (madrasah).
8. Pada tingkat Kabupaten diambil 3 (tiga) madrasah terbaik
pada masing-masing jenis lomba untuk mengikuti Grnd Final dalam rangka
menentukan juara 1,2 ,3.
9. Peserta Grand Final diwajibkan melakukan presentasi di
hadapan juri untuk menentukan juara (urutan) 1,2 dan 3
10. Nilai akhir didapat dari akumulasi tingkat kecamatan,
kabupaten , dan Grand Final.
II. Waktu Lomba
1. Tingkat kecamatan dilaksanakan pada tanggal 26 Nopember
2022 ( terakhir pengumpulan portofolio )
2. Tingkat Kabupaten dilaksanakan pada tanggal 12 Desember
2022 – 17 Desember 2022 (penilian lapaangan/lokasi)
3. Grand Final dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2022
dan 31 Desember 2022
III.Prediksi Jumlah Peserta
1. Tingkat Kecamatan/Korwil seluruh Kabupaten;
a. Tingkat RA :
190 RA
b. Tingkat MI : 210
Madrasah
c. Tingkat MTS :
135 Madrasah
d. Tingkat MA :
76 Madrasah
2. Tingkat Kabupaten;
a. Tingkat RA dianggap ada 17 Kecamatan X 3 (kategori) : 51 lembaga
b. Tingkat MI dianggap ada 20 Kecamatan X 3 (kategori) : 60 Madrasah
c. Tingkat MTS dianggap 6 korwil X 3 (kategori) X
2(madrasah) : 36 madrasah
d. Tingkat MA dianggap 3 korwil X 3 (kategori) X 3
(madrasah) : 27 madrasah
3. Grand Final;
a. Tingkat RA, 3 (lembaga) X 3 (kategori) : 9 madrasah
b. Tingkat MI, 3 (lembaga) X 3 (kategori) : 9 madrasah
c. Tingkat MTS, 3 (lembaga) X 3 (kategori) : 9 madrasah
d. Tingkat MA, 3 (lembaga) X 3 (kategori) : 9 madrasah
IV. Juri
Juri dalam lomba madrasah kabupaten
Lumajang terdiri dari :
1. Kasi Pendma
2. Pengawas Madrasah
3. Ketua KKM
Dengan teknis pelaksanaan sebagai barikut:
1. Tingkat kecamatan;
a). RA dan MI : pengawas RA dan MI
b). MTS : pengawas madrasah
tingkat MTS
c). MA : pengawas madrasah tingkat MA
2. Tingkat Kabupaten;
a). RA dan MI : Tim pengawas RA dan MI
b). MTS : Tim Pengawas MTS
c). MA : Tim Pengawas MA
3. Grand Final;
a) RA dan MI : (29
Desember 2022)
Tim 1 : Kasi Pendma, Korwas MTS,
dan Ketua KKM MTS
Tim 2 : Ketua Pokjawas, Korwas MA,
dan Ketua KKM MA
b) MTS dan MA; (31 Desember 2022)
Tim 1 : Kasi Pendma, Korwas MTS,
dan Ketua KKM MTS
Tim 2 : Ketua Pokjawas, Korwas MA,
dan Ketua KKM MA
C. Indikator Masing-Masing Jenis Lomba
I. Lomba Madrasah Berprestasi;
1. Terdapat keterkaitan yang jelas dan berkelanjutan antara
Visi, misi dan tujuan madrasah serta menggambarkan adanya upaya pencapaian yang
kuat terhadap tujuan madrasah.
2. Prestasi lembaga tingkat kabupaten, propinsi dan nasional
3. Prestasi guru dan atau tenaga kependidikan tingkat
kabupaten, propinsi dan atau nasional
4. Prestasi kepala madrasah tingkat kabupaten, propinsi dan
atau nasional
5. Prestasi siswa di bidang akademis tingkat kabupaten,
propinsi, nasional
6. Prestasi siswa di bidang non akademis tingkat kabupaten,
propinsi, nasional
7. Menjadi pilihan masyarakat (jumlah peserta PPDB selama 3 tahun
terakhir)
8. Sistem PPDB melalui seleksi atau tes (Pemetaan/Asesmen
Diagnostik)
9. Banyaknya lulusan madrasah yang diterima pada jenjang pendidikan lanjutan yang berkualitas
(baik)
10. Memilki guru yang berkualitas, profesional dan
proporsional (data pendidikan dan linieritas)
II. Lomba Madrasah Inspiratif;
1. Menerima kunjungan study banding dari madrasah/sekolah
lain
2. Memanfaatkan narasumber pembelajaran dari oarang tua /
wali murid./ dari luar
3. Lembaga/kepala madrasah/GTK menjadi narasumber dalam
kegiatan diluar madrasah
4. Memiliki produk yang berhasil guna dan berimbas (
menciptakan panel surya, menciptakan teori menghafal Al Qur’an, menciptakan
tahnik mudah menghafal asmaul husna).
5. Memiliki kemampuan memanfaatkan atau mengolah lingkungan
untuk pengembangan madrasah
6. Memiliki buku sebagai alat komunikasi antara madrasah
dengan orang tua / wali murid ,dimana wali murid bisa memberi masukan, saran
dan pendapat kepada madrasah (buku penghubung).
7. Terdapat budaya literasi dilingkangan warga madrasah
8. Memiliki karya tulis dalam bentuk makalah, buku, jurnal
baik secara kelembagaan maupun personal( individu atau tim)
9. Kegiatan pembentukan karakter peserta didik melalui
pembiasaan-pembiasaan dalam kehidupan di madrasah setiap hari.
10. Keterlibatan stakeholder terhadap program madrasah
III.Lomba Madrasah Inovatif;
1. Mempunyai program yang unik dan berbeda dengan madrasah sekitar
2. Mempunyai website madrasah
3. Memanfaatkan media
sosial dalam pengembangan dan sosialisasi madrasah
4. Penggunaan digitalisasi dalam kegiatan menegemen dan
administrasi
5. Penggunaan digitalisasi dalam proses pembelajaran (pembelajaran menggunakan media
elektronik).
6. Kerjasama dengan pihak lain/luar dalam pengembangan
madrasah
7. Memiliki unit usaha yang berdampak pada kemandirian
madrasah (enterprenouership)
8. Adanya GTK yang mempunyai inovasi
dalam pembelajaran dan atau solusi administrasi yang “smart”.
9. Memiliki keunggulan lokal yang dikembangkan melalui ektra
kurikuler (ekstra seni; al banjari, qiro’ah, tahfidz, dan olah raga; volley,
futsal, renang)
10. Adanya pengembangan kurikulum
dari yang sudah baku sehingga muncul program baru (Full day, diniyah,
percepatan,)
TEKNIS PENYUSUNAN PORTOFOLIO
1. Portofolio dibuat rangkap 3 (3 eksemplar; 2 juri
kecamatan,1 arsip madrasah)
2. Data yang dimasukan dalam portofolio adalah data selama 3
tahun terakhir.
3. Halaman portofolio secara berurutan adalah sbb:
A. Halaman Judul
B. Kata Pengantar
C. Profil Madrasah
D. “Bukti Fisik (Madrasah Berprestasi)”
I. Visi, Missi dan Tujuan Madrasah (rumusan Visi, missi dan
tujuan madrasah)
II. Prestasi lembaga (sertifikat kejuaraan)
a. Tingkat Kabupaten
1). .........
2). .........
3). dst
b. Tingkat Propinsi
1). .........
2). .........
3). dst
c. Tingkat Nasional
1). .........
2). .........
3). dst
III. Prestasi Guru dan atau Tenaga Kependidikan (sertifikat
kejuaraan)
a.
Tingkat Kabupaten
1). .........
2). .........
3). dst
b.
Tingkat Propinsi
1). .........
2). .........
3). dst
c.
Tingkat Nasional
1). .........
2). .........
3). dst
IV. Prestasi Kepala Madrasah (sertifikat kejuaraan)
a.
Tingkat Kabupaten
1). .........
2). .........
3). dst
b.
Tingkat Propinsi
1). .........
2). .........
3). dst
c.
Tingkat Nasional
1). .........
2). .........
3). dst
V. Prestasi siswa bidang akademis (sertifikat kejuaraan)
a. Tingkat Kabupaten
1). .........
2). .........
3). dst
b. Tingkat Propinsi
1). .........
2). .........
3). dst
c. Tingkat Nasional
1). .........
2). .........
3). dst
VI. Prestasi siswa bidang non akademis (sertifikat kejuaraan)
a. Tingkat Kabupaten
1). .........
2). .........
3). dst
b. Tingkat Propinsi
1). .........
2). .........
3). dst
c. Tingkat Nasional
1). .........
2). .........
3). dst
VI. Jumlah peserta PPDB (foto copy buku pendaftaran PPDB/Hasil
Pemetaan/Asesmen Diagnostik)
a. Tahun pelajaran 2020/2021
b. Tahun pelajaran 2021/2022
c. Tahun pelajaran 2022/2023
VII. Seleksi PPDB (jenis seleksi dan fotocopy soal/alat tes)
VIII. Status
Akreditasi
IX. Guru profesional dan proporsional
a. Daftar nama dan jenjang pendidikan terakhir guru
b. Pembagian tugas mengajar
c. Penghargaan
yang didapat
“Bukti Fisik “ Madrasah Inspiratif”
I. Menerima kunjungan studi banding
a. Surat permohonan dari lembaga yang studi banding
b. Daftar hadir
c. Dokumen/Materi/Foto
kegiatan studi banding
II. Narasumber pembelajaran ke luar madrasah
a. Surat permohonan jadi narasumber
b. Jadwal penyampaian materi
(kegiatan)
c. Foto kegiatan
III. Menjadi narasumber pada kegiatan luar madrasah
a. Surat permohonan dari pihak yang meminta
b. Jadwal penyampaian materi
(kegiatan)
c. Foto kegiatan
IV. Produk/teori /rumus yang diciptakan
a. Surat keterangan dari kepala madrasah bahwa hal tsb
merupakan ciptaan sendiri (asli).
b. Foto/gambar produk atau uraian tentang teori/rumus yang
diciptakan
V. Adanya
kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan
a. Surat keterangan dari kepala madrasah tentang kegiatan
yang dimaksud.
b. Foto kegiatan
VI. Buku atau alat komunikasi antara madrasah dengan orang
tua/ wali murid
a. Surat keterang dari kepala madrasah tentang buku/alat
yang dimaksud
b. Foto /copy buku atau alat yang dimaksud
VII. Budaya Literasi
a. Program kegiatan literasi
b. Foto/video/link medsos kegiatan
literasi
c. Produk
Literasi Siswa dan atau guru
VIII. Karya tulis
a. Surat keterangan dari kepala madrasah bahwa karya tsb
merupakan ciptaan sendiri (asli).
b. Foto copy karya tulis
IX. Kegiatan pembentukan karakter siswa
a. Program kegiatan
b. Dokumentasi kegiatan
X. Keterlibatan stakeholder pada kegiatan madrasah
a. Surat undangan/program/jadwal kegiatan
b. Dokumentasi kegiatan
(Notulen, foto, Video, link Youtube dll)
“Bukti Fisik “Madrasah Inovatif”
I. Program unik dan berbeda
a. Deskripsi Program
b. Dokumentasi kegiatan pelaksanaan program
II. Website madrasah
a. Alamat website madrasah
b. Foto halaman depan website madrasah
III. Pemanfaatan media sosial
a. Surat keterangan
alamat medsos yang dimaksud
b. Foto halaman depan medsos yang dimaksud/foto contoh
pemenfaatan medsos yang dimaksud.
IV. Digitalisasi dalam menegemen dan administrasi madrasah
a. Surat keterangan kepala madrasah
b. Foto kegiatan dan screen shoot aplikasi digitalisasi dalam menegemen dan administrasi madrasah (bisa berupa link
aplikasi jika on line)
V. Digitalisasi dalam KBM
a. Surat keterangan kepala madrasah
b. Foto /screen shoot kegiatan
digitalisasi dalam KBM
VI. Kerjasama dengan pihak luar
a. Surat perjanjian (MoU)
b. Foto kegiatan
VII. Unit usaha madrasah
a. Deskripsi kegiatan unit usaha
b. Foto kegiatan unit usaha
VIII. Inovasi dalam KBM dan atau bidang administrasi
a. Surat keterang dari kepala madrasah
b. Foto/Video kegiatan / pemanfaatan
inovasi yang dimaksud
IX. Keunggulan lokal (ekstrakurikuler)
a. Program/Jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler
b. Foto kegiatan masing masing ekstrakurikuler yang dimaksud
X. Pengembangan kurikulum
a. Program/Jadwal kurikulum pengembangan
b. Foto kegiatan pelaksanaan kurikulum pengembangan
PEDOMAN PENSKORAN/RUBRIK PENILAIAN
LOMBA
MADRASAH PRESTASI KABUPATEN LUMAJANG
TAHUN
2022
a.
RKM
Dokumen Visi,
Misi dan Tujuan Madrasah yang dijabarkan dalam RKM, RKJM, RKT dan RKAM (Memiliki Visi, Misi dan Tujuan Madrasah yang Sinergi
dan dijabarkan dalam RKM, RKJM, RKT dan RKAM) |
Sangat
Lengkap |
Skor 50 |
Lengkap |
Skor 40 |
|
Cukup
Lengkap |
Skor 30 |
|
Kurang
Lengkap |
Skor 20 |
|
Tidak
Lengkap |
Skor 10 |
b.
Prestasi Madrasah :
Tingkat Kabupaten Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 40 |
Juara
2 |
Skor 35 |
|
Juara
3 |
Skor 30 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 25 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 20 |
Tingkat Provinsi Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 60 |
Juara
2 |
Skor 55 |
|
Juara
3 |
Skor 50 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 45 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 40 |
Tingkat Nasional Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 100 |
Juara
2 |
Skor 90 |
|
Juara
3 |
Skor 80 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 70 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 60 |
c.
Prestasi Guru dan atau Tenaga
Kependidikan :
Tingkat Kabupaten Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 40 |
Juara
2 |
Skor 35 |
|
Juara
3 |
Skor 30 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 25 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 20 |
Tingkat Provinsi Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 60 |
Juara
2 |
Skor 55 |
|
Juara
3 |
Skor 50 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 45 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 40 |
Tingkat Nasional Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 100 |
Juara
2 |
Skor 90 |
|
Juara
3 |
Skor 80 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 70 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 60 |
d.
Prestasi Kepala Madrasah :
Tingkat Kabupaten Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 40 |
Juara
2 |
Skor 35 |
|
Juara
3 |
Skor 30 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 25 |
|
Juara Harapan
2 |
Skor 20 |
Tingkat Provinsi Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 60 |
Juara
2 |
Skor 55 |
|
Juara
3 |
Skor 50 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 45 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 40 |
Tingkat Nasional Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 100 |
Juara
2 |
Skor 90 |
|
Juara
3 |
Skor 80 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 70 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 60 |
e.
Prestasi Siswa Bidang Akademis :
Tingkat Kabupaten Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 40 |
Juara
2 |
Skor 35 |
|
Juara
3 |
Skor 30 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 25 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 20 |
Tingkat Provinsi Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 60 |
Juara
2 |
Skor 55 |
|
Juara
3 |
Skor 50 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 45 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 40 |
Tingkat Nasional Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 100 |
Juara
2 |
Skor 90 |
|
Juara
3 |
Skor 80 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 70 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 60 |
f.
Prestasi Siswa Bidang Non Akademis :
Tingkat Kabupaten Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan
bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 40 |
Juara
2 |
Skor 35 |
|
Juara
3 |
Skor 30 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 25 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 20 |
Tingkat Provinsi Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 60 |
Juara
2 |
Skor 55 |
|
Juara
3 |
Skor 50 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 45 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 40 |
Tingkat Nasional Dibuktikan dengan
sertifikat kejuaraan bukan piala. |
Juara
1 |
Skor 100 |
Juara
2 |
Skor 90 |
|
Juara
3 |
Skor 80 |
|
Juara
Harapan 1 |
Skor 70 |
|
Juara
Harapan 2 |
Skor 60 |
g. Menjadi pilihan masyarakat (jumlah
peserta PPDB selama 3 tahun terakhir)
PPDB
3 Tahun terakhir meningkat Menjadi pilihan masyarakat dibuktikan dengan jumlah
total peserta didik selama 3 tahun meningkat (Print Out Emis selama 3 tahun) |
>20 % |
Skor 50 |
16 s/d
20% |
Skor 40 |
|
11 s/d
15 % |
Skor 30 |
|
6 s/d
10% |
Skor 20 |
|
1 s/d
5 % |
Skor 10 |
h. Sistem PPDB melalui seleksi
atau tes (Pemetaan/Asesmen Diagnostik)
Sistem PPDB/Pemetaan/Asesmen. Sistem
PPBD melalui sleksi (Pemetaan / Asesmen). Dilengkapi
dengan instrument asesmen, berita acara, absen, dokumen. |
Dokumen Sangat lengkap |
Skor 50 |
Dokumen Lengkap |
Skor 40 |
|
Dokumen Cukup
Lengkap |
Skor 30 |
|
Dokumen Kurang
Lengkap |
Skor 20 |
|
Dokumen Tidak
Lengkap |
Skor 10 |
i. Status Akreditasi
Lulusan Madrasah Status Akreditasi (Piagam Akreditasi) |
A |
Skor 40 |
B |
Skor 35 |
|
C |
Skor 20 |
j. Memilki guru yang berkualitas,
profesional dan proporsional
Kualitas Guru Dibuktikan dengan
Print Out Simpatika dan Emis |
91 s/d
100 % Linier Ijazah/TPG |
Skor 40 |
81 s/d
90 % Linier/TPG |
Skor 35 |
|
71 s/d
80 % Linier/TPG |
Skor 30 |
|
61 s/d
70 % Linier/TPG |
Skor 25 |
|
50 s/d
60 % linier?TPG |
Skor 20 |
2.
Madrasah Inspiratif;
a. Menerima kunjungan studi banding
Menerima kunjungan study banding dari madrasah/sekolah lain. Dibuktikan dengan : ·
Surat
Permohonan ·
Berita
Acara ·
Daftar
Hadir ·
dokumen |
1
s/d 3 Kali |
Skor
25 |
4
s/d 6 Kali |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Kali |
Skor
75 |
|
≥10 Kali |
Skor
100 |
b. Memanfaatkan narasumber pembelajaran dari orang tua/wali
murid dari luar
Memanfaatkan narasumber pembelajaran dari orang tua / wali murid /dari luar Dibuktikan dengan : ·
Surat
Permohonan Narasumber ·
Berita
Acara ·
Daftar
Hadir / Buku Tamu ·
dokumen |
1
s/d 3 Kali |
Skor
25 |
4
s/d 6 Kali |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Kali |
Skor
75 |
|
≥10 Kali |
Skor
100 |
c. Kepala madrasah/GTK menjadi narasumber dalam kegiatan diluar madrasah
Memanfaatkan narasumber pembelajaran dari orang tua / wali murid/dari
luar. Kamad / guru menjadi narasumber manajerial / Akademik
baik di luar atau dalam lembaga, baik daring atau luring Dibuktikan dengan : ·
Surat
Permohonan ·
Berita
Acara ·
Daftar
Hadir ·
dokumen |
1
s/d 3 Kali |
Skor
25 |
4
s/d 6 Kali |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Kali |
Skor
75 |
|
≥10 Kali |
Skor
100 |
d. Memiliki produk yang berhasil guna dan berimbas
Memiliki produk yang berhasil guna dan berimbas. bagi pengembangan Manajerial / Akademik Dibuktikan dengan : ·
Kesenian ·
Aplikasi ·
Manajemen
(SIM) |
1
s/d 3 Produk |
Skor
25 |
4
s/d 6 Produk |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Produk |
Skor
75 |
|
≥10 Produk |
Skor
100 |
e. Kegiatan
pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan
Kegiatan
pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan Dibuktikan dengan : ·
RPP ·
Produk
Siswa ·
dokumen |
1
s/d 3 Kegiatan |
Skor
25 |
4
s/d 6 Kegiatan |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Kegiatan |
Skor
75 |
|
≥10 Kegiatan |
Skor
100 |
f. Buku atau alat komunikasi antara madrasah dengan orang
tua/ wali murid
Buku atau alat komunikasi antara madrasah dengan orang tua/ wali murid Dibuktikan dengan : Buku Penghubung / Aplikasi Penghubung |
1
s/d 3 Alat komunikasi |
Skor
25 |
4
s/d 6 Alat komunikasi |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Alat komunikasi |
Skor
75 |
|
≥10 Alat komunikasi |
Skor
100 |
g. Budaya Literasi
Budaya Literasi |
Program
kegiatan |
Skor
25 |
Dokumen
Hasil Kegiatan |
Skor
50 |
|
Produk
Siswa dan Guru yang diunggah di Website |
Skor
25 |
|
Produk
Siswa dan Guru yang diunggah di ISBM. |
Skor
50 Ket.
Skor Berlaku Akumulatif |
h. Karya tulis
Karya tulis (GTK / Siswa) |
1
s/d 3 Karya Tulis |
Skor
25 |
4
s/d 6 Karya Tulis |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Karya Tulis |
Skor
75 |
|
≥10 Karya Tulis |
Skor
100 |
i. Kegiatan pembentukan karakter siswa
Kegiatan pembentukan
karakter siswa. Dibuktikan dengan
Program, Dokumen Kegiatan |
1
s/d 3 Kegiatan |
Skor
25 |
4
s/d 6 Kegiatan |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Kegiatan |
Skor
75 |
|
≥10 Kegiatan |
Skor
100 |
j. Keterlibatan stakeholder pada kegiatan madrasah
Keterlibatan stakeholder pada kegiatan madrasah Dibuktikan dengan : ·
SK ·
Dokumen ·
Notulen ·
Undangan ·
Daftar hadir |
1
s/d 3 Kegiatan |
Skor
25 |
4
s/d 6 Kegiatan |
Skor
50 |
|
7 s/d 9 Kegiatan |
Skor
75 |
|
≥10 Kegiatan |
Skor
100 |
3.
Madrasah Inovatif
a. Program yang unik dan
berbeda dengan madrasah sekitar
Program yang unik dan berbeda dengan madrasah sekitar dan ada bukti
aktivitas selama 1-3 tahun terakhir |
1
s/d 3 |
Skor
25 |
4
s/d 6 |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 |
Skor
75 |
|
≥10 |
Skor
100 |
b. Mempunyai website madrasah
Mempunyai website madrasah dengan menu/sub menu yang aktif 3 bulan
terakhir. Jumlah menu yang dipertimbangkan ·
PPDB ·
Produk Literasi ·
Produk pembelajaran ·
Blok guru ·
Info Madrasah dll |
1
s/d 3 |
Skor
25 |
4
s/d 6 |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 |
Skor
75 |
|
≥10 |
Skor
100 |
c. Memanfaatkan media
sosial dalam pengembangan dan sosialisasi madrasah
Memanfaatkan media sosial dalam pengembangan dan sosialisasi
madrasah,
Media yang berbeda. Seperti Website, FB, IG |
1
s/d 3 |
Skor
25 |
4
s/d 6 |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 |
Skor
75 |
|
≥10 |
Skor
100 |
d. Penggunaan digitalisasi dalam kegiatan menegemen dan
administrasi
Penggunaan digitalisasi dalam kegiatan menegemen dan administrasi/SIM yang berbeda. Dibuktikan dengan
: ·
SIM ·
E learning ·
IDN |
1
s/d 3 |
Skor
25 |
4
s/d 6 |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 |
Skor
75 |
|
≥10 |
Skor
100 |
e. Penggunaan digitalisasi dalam proses pembelajaran
Penggunaan digitalisasi dalam proses
pembelajaran Dibuktikan dengan : ·
Google Form ·
Google Class Room ·
World Word ·
Aplikasi lain (LMS) |
1
s/d 3 Aplikasi |
Skor
25 |
4
s/d 6 Aplikasi |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Aplikasi |
Skor
75 |
|
≥10 Aplikasi |
Skor
100 |
f. Kerjasama dengan pihak lain/luar dalam pengembangan madrasah
Kerjasama dengan pihak lain/luar dalam pengembangan madrasah selama 1-3 tahun
terakhir |
1
s/d 3 MOU |
Skor
25 |
4
s/d 6 MOU |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 MOU |
Skor
75 |
|
≥10 MOU |
Skor
100 |
g. Memiliki unit usaha yang berdampak pada kemandirian
madrasah
Memiliki unit usaha yang berdampak pada kemandirian madrasah dan ada bukti
aktifitas 1-3 tahun terakhir |
1
s/d 3 Unit usaha |
Skor
25 |
4
s/d 6 Unit usaha |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Unit usaha |
Skor
75 |
|
≥10 Unit usaha |
Skor
100 |
h. GTK yang mempunyai inovasi dalam pembelajaran dan atau solusi administrasi
yang “smart”
GTK yang mempunyai inovasi dalam pembelajaran dan atau solusi administrasi
yang “smart”
selama 1-3 tahun terakhir. Guru yang
mempunyai media hasil karya sendiri.
Vidio, media dari bahan bekas. RPP yang terkait yang sesuai dengan
media yang dibuat. |
1
s/d 3 Inovasi |
Skor
25 |
4
s/d 6 Inovasi |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Inovasi |
Skor
75 |
|
≥10 Inovasi |
Skor
100 |
i. Memiliki keunggulan lokal yang dikembangkan melalui ektra
kurikuler
Memiliki Program
keunggulan lokal yang dikembangkan melalui ektra
kurikuler
dan ada bukti aktifitas selama 1-3 tahun terakhir. (Program Dokumen Kegiatan) |
1
s/d 3 Program unggul |
Skor
25 |
4
s/d 6 Program unggul |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Program unggul |
Skor
75 |
|
≥10 Program unggul |
Skor
100 |
j. Pengembangan kurikulum
dari yang sudah baku sehingga muncul program baru
Pengembangan kurikulum dari yang sudah baku sehingga muncul program baru dan ada bukti
aktifitas selama 1-3 tahun terakhir |
1
s/d 3 Program baru |
Skor
25 |
4
s/d 6 Program baru |
Skor
50 |
|
7
s/d 9 Program baru |
Skor
75 |
|
≥10 Program baru |
Skor
100 |
Komentar
Posting Komentar