LOMBA MADRASAH TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2022

 

JUKNIS LOMBA MADRASAH  TINGKAT KABUPATEN

DALAM RANGKA HAB KEMENAG KE-77 TAHUN 2023

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LUMAJANG

 

 

A.   Peserta dan Jenis Lomba.

I.    Peserta ;

Peseta lomba adalah semua madrasah di lingkungan Kantor kementerian Agama Kabupaten Lumajang yang sudah mendapat ijin operasional dari Kementerian Agama  untuk semua jenjang :

1. Roudlotul Athfal (RA)

2. Madrasah Ibtidaiyah (MI)

3. Madrasah Tsanawiyah (MTs)

4. Madrasah Aliyah (MA)

II.  Jenis Lomba;

Lomba dikelompokan menjadi 3, yaitu :

1. Lomba Madrasah Berprestasi

2. Lomba Madrasah Inspiratif

3. Lomba Madrasah Inovatif

 

B.   Petunjuk Teknis Lomba Madrasah

I.    Aturan Lomba.

1.   Lomba diawali dari tingkat kecamatan untuk jenjang RA dan MI, tingkat KKM korrwil untuk jenjang MTs dan MA.

2.   Masing  masing  madrasah memilih jenis lomba yang akan diikuti.

3.   Madrasah peserta lomba mengumpulkan berkas portofolio kepada panita lomba sesuai dengan jenis lomba yang diikuti

4.   Penilaian didasarkan pada portofolio dan dilaksanakan oleh juri yang terdiri dari pengawas madrasah (silang pengawas).

5.   Data yang dimasukan falam portofolio adalah data selama 3 tahun terakhir dan dibuat rangkap 3 (3 eksemplar)

6.   Pada tingkat kecamatan/korwil ini diambil 1 (satu) madrasah terbaik untuk jenjang RA dan MI, 2 (dua) madrasah terbaikuntuk jenjang MTS dan MA pada masing masing jenis lomba guna mengikuti lomba tingkat Kabupaten.

7.   Penilaian lomba  tingkat Kabupaten didasarkan pada portofolio yang sudah terkumpul dan kunjungan lokasi (madrasah).

8.   Pada tingkat Kabupaten diambil 3 (tiga) madrasah terbaik pada masing-masing jenis lomba untuk mengikuti Grnd Final dalam rangka menentukan juara 1,2 ,3.

9.   Peserta Grand Final diwajibkan melakukan presentasi di hadapan juri untuk menentukan juara (urutan) 1,2 dan 3

10. Nilai akhir didapat dari akumulasi tingkat kecamatan, kabupaten , dan Grand Final.

II.  Waktu Lomba

1.   Tingkat kecamatan dilaksanakan pada tanggal 26 Nopember 2022 ( terakhir pengumpulan portofolio )

2.   Tingkat Kabupaten dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2022 – 17 Desember 2022 (penilian lapaangan/lokasi)

3.   Grand Final dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2022 dan 31 Desember 2022

III.Prediksi Jumlah Peserta

1.   Tingkat Kecamatan/Korwil seluruh Kabupaten;

a.   Tingkat RA             : 190 RA

b.   Tingkat MI : 210 Madrasah

c.   Tingkat MTS           : 135 Madrasah

d.   Tingkat MA             : 76 Madrasah

2.   Tingkat Kabupaten;

a.   Tingkat RA dianggap ada 17 Kecamatan X 3 (kategori)  : 51 lembaga

b.   Tingkat MI dianggap ada 20 Kecamatan X 3 (kategori)  : 60 Madrasah

c.   Tingkat MTS dianggap 6 korwil X 3 (kategori) X 2(madrasah) : 36 madrasah

d.   Tingkat MA dianggap 3 korwil X 3 (kategori) X 3 (madrasah) : 27 madrasah

3.   Grand Final;

a.   Tingkat RA, 3 (lembaga) X 3 (kategori)   : 9 madrasah

b.   Tingkat MI, 3 (lembaga) X 3 (kategori)    : 9 madrasah

c.   Tingkat MTS, 3 (lembaga) X 3 (kategori) : 9 madrasah

d.   Tingkat MA, 3 (lembaga) X 3 (kategori)  : 9 madrasah

IV.    Juri

Juri dalam lomba madrasah kabupaten Lumajang terdiri dari :

1.   Kasi Pendma

2.   Pengawas Madrasah

3.   Ketua KKM

Dengan teknis pelaksanaan sebagai barikut:

1.   Tingkat kecamatan;

a). RA dan MI : pengawas RA dan MI

b). MTS             : pengawas madrasah tingkat MTS

c). MA            : pengawas madrasah tingkat MA

2.   Tingkat Kabupaten;

a). RA dan MI  : Tim pengawas RA dan MI

b). MTS            : Tim Pengawas MTS

c). MA              : Tim Pengawas MA

3.   Grand Final;

a)   RA dan MI :  (29 Desember 2022)

Tim 1 : Kasi Pendma, Korwas MTS, dan Ketua KKM MTS

Tim 2 : Ketua Pokjawas, Korwas MA, dan  Ketua KKM MA

b)   MTS dan MA; (31 Desember 2022)

Tim 1 : Kasi Pendma, Korwas MTS, dan Ketua KKM MTS

Tim 2 : Ketua Pokjawas, Korwas MA, dan  Ketua KKM MA

 

C.   Indikator Masing-Masing Jenis Lomba

I.    Lomba Madrasah Berprestasi;

1.      Terdapat keterkaitan yang jelas dan berkelanjutan antara Visi, misi dan tujuan madrasah serta menggambarkan adanya upaya pencapaian yang kuat terhadap tujuan madrasah.

2.      Prestasi lembaga tingkat kabupaten, propinsi dan nasional

3.      Prestasi guru dan atau tenaga kependidikan tingkat kabupaten, propinsi dan atau nasional

4.      Prestasi kepala madrasah tingkat kabupaten, propinsi dan atau nasional

5.      Prestasi siswa di bidang akademis tingkat kabupaten, propinsi, nasional

6.      Prestasi siswa di bidang non akademis tingkat kabupaten, propinsi, nasional

7.      Menjadi pilihan masyarakat (jumlah peserta PPDB selama 3 tahun terakhir)

8.      Sistem PPDB melalui seleksi atau tes (Pemetaan/Asesmen Diagnostik)

9.      Banyaknya lulusan madrasah yang diterima pada  jenjang pendidikan lanjutan yang berkualitas (baik)

10.    Memilki guru yang berkualitas, profesional dan proporsional (data pendidikan dan linieritas)

 

II.  Lomba Madrasah Inspiratif;

1.      Menerima kunjungan study banding dari madrasah/sekolah lain

2.      Memanfaatkan narasumber pembelajaran dari oarang tua / wali murid./ dari luar

3.      Lembaga/kepala madrasah/GTK menjadi narasumber dalam kegiatan diluar madrasah

4.      Memiliki produk yang berhasil guna dan berimbas ( menciptakan panel surya, menciptakan teori menghafal Al Qur’an, menciptakan tahnik mudah menghafal asmaul husna).

5.      Memiliki kemampuan memanfaatkan atau mengolah lingkungan untuk pengembangan madrasah

6.      Memiliki buku sebagai alat komunikasi antara madrasah dengan orang tua / wali murid ,dimana wali murid bisa memberi masukan, saran dan pendapat kepada madrasah (buku penghubung).

7.      Terdapat budaya literasi dilingkangan warga madrasah

8.      Memiliki karya tulis dalam bentuk makalah, buku, jurnal baik secara kelembagaan maupun personal( individu atau tim)

9.      Kegiatan pembentukan karakter peserta didik melalui pembiasaan-pembiasaan dalam kehidupan di madrasah setiap hari.

10.    Keterlibatan stakeholder terhadap program madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

III.Lomba Madrasah Inovatif;

1.      Mempunyai program yang unik dan berbeda dengan madrasah sekitar

2.      Mempunyai website madrasah

3.      Memanfaatkan  media sosial dalam pengembangan dan sosialisasi madrasah

4.      Penggunaan digitalisasi dalam kegiatan menegemen dan administrasi

5.      Penggunaan digitalisasi dalam proses  pembelajaran (pembelajaran menggunakan media elektronik).

6.      Kerjasama dengan pihak lain/luar dalam pengembangan madrasah

7.      Memiliki unit usaha yang berdampak pada kemandirian madrasah (enterprenouership)

8.      Adanya GTK yang mempunyai inovasi dalam pembelajaran dan atau solusi administrasi yang “smart”.

9.      Memiliki keunggulan lokal yang dikembangkan melalui ektra kurikuler (ekstra seni; al banjari, qiro’ah, tahfidz, dan olah raga; volley, futsal, renang)

10.    Adanya pengembangan kurikulum dari yang sudah baku sehingga muncul program baru (Full day, diniyah, percepatan,)

 

 

 


 

TEKNIS PENYUSUNAN PORTOFOLIO

 

1.   Portofolio dibuat rangkap 3 (3 eksemplar; 2 juri kecamatan,1 arsip madrasah)

2.   Data yang dimasukan dalam portofolio adalah data selama 3 tahun terakhir.

3.   Halaman portofolio secara berurutan adalah sbb:

A.      Halaman Judul

B.      Kata Pengantar

C.      Profil Madrasah

D.     “Bukti Fisik (Madrasah Berprestasi)”

I.       Visi, Missi dan Tujuan Madrasah (rumusan Visi, missi dan tujuan madrasah)

II.     Prestasi lembaga (sertifikat kejuaraan)

a.      Tingkat Kabupaten

1). .........

2). .........

3). dst

b.      Tingkat Propinsi

1). .........

2). .........

3). dst

c.      Tingkat Nasional

1). .........

2). .........

3). dst

III.    Prestasi Guru dan atau Tenaga Kependidikan (sertifikat kejuaraan)

a.      Tingkat Kabupaten

1). .........

2). .........

3). dst

b.      Tingkat Propinsi

1). .........

2). .........

3). dst

c.      Tingkat Nasional

1). .........

2). .........

3). dst

IV.    Prestasi Kepala Madrasah (sertifikat kejuaraan)

a.      Tingkat Kabupaten

1). .........

2). .........

3). dst

b.      Tingkat Propinsi

1). .........

2). .........

3). dst

c.      Tingkat Nasional

1). .........

2). .........

3). dst

V.      Prestasi siswa bidang akademis (sertifikat kejuaraan)

a.      Tingkat Kabupaten

1). .........

2). .........

3). dst

b.      Tingkat Propinsi

1). .........

2). .........

3). dst

c.      Tingkat Nasional

1). .........

2). .........

3). dst

VI.    Prestasi siswa bidang non akademis (sertifikat kejuaraan)

a.      Tingkat Kabupaten

1). .........

2). .........

3). dst

b.      Tingkat Propinsi

1). .........

2). .........

3). dst

c.      Tingkat Nasional

1). .........

2). .........

3). dst

VI.    Jumlah peserta PPDB (foto copy buku pendaftaran PPDB/Hasil Pemetaan/Asesmen Diagnostik)

a.   Tahun pelajaran 2020/2021

b.   Tahun pelajaran 2021/2022

c.   Tahun pelajaran 2022/2023

VII.   Seleksi PPDB (jenis seleksi dan fotocopy soal/alat tes)

VIII. Status Akreditasi

IX.    Guru profesional dan proporsional

a.   Daftar nama dan jenjang pendidikan terakhir guru

b.   Pembagian tugas mengajar

c.   Penghargaan yang didapat

 

“Bukti Fisik “ Madrasah Inspiratif”

I.       Menerima kunjungan studi banding

a.   Surat permohonan dari lembaga yang studi banding

b.   Daftar hadir

c.   Dokumen/Materi/Foto kegiatan studi banding

II.     Narasumber pembelajaran ke luar madrasah

a.   Surat permohonan jadi narasumber

b.   Jadwal penyampaian materi  (kegiatan)

c.   Foto kegiatan

III.    Menjadi narasumber pada kegiatan luar madrasah

a.   Surat permohonan dari pihak yang meminta

b.   Jadwal penyampaian materi  (kegiatan)

c.   Foto kegiatan

IV.    Produk/teori /rumus yang diciptakan

a.   Surat keterangan dari kepala madrasah bahwa hal tsb merupakan ciptaan sendiri (asli).

b.   Foto/gambar produk atau uraian tentang teori/rumus yang diciptakan

V.      Adanya kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan

a.   Surat keterangan dari kepala madrasah tentang kegiatan yang dimaksud.

b.   Foto kegiatan

VI.    Buku atau alat komunikasi antara madrasah dengan orang tua/ wali murid

a.   Surat keterang dari kepala madrasah tentang buku/alat yang dimaksud

b.   Foto /copy buku atau alat yang dimaksud

VII.   Budaya Literasi

a.   Program kegiatan literasi

b.   Foto/video/link medsos kegiatan literasi

c.   Produk Literasi Siswa dan atau guru

VIII.    Karya tulis

a.   Surat keterangan dari kepala madrasah bahwa karya tsb merupakan ciptaan sendiri (asli).

b.   Foto copy karya tulis

IX.    Kegiatan pembentukan karakter siswa

a.   Program kegiatan

b.   Dokumentasi kegiatan

X.      Keterlibatan stakeholder pada kegiatan madrasah

a.   Surat undangan/program/jadwal kegiatan

b.   Dokumentasi kegiatan (Notulen, foto, Video, link Youtube dll)

 

 

 


“Bukti Fisik “Madrasah Inovatif”

I.       Program unik dan berbeda

a.   Deskripsi Program

b.   Dokumentasi kegiatan pelaksanaan program

II.     Website madrasah

a.   Alamat website madrasah

b.   Foto halaman depan website madrasah

III.   Pemanfaatan media sosial

a.   Surat keterangan  alamat medsos yang dimaksud

b.   Foto halaman depan medsos yang dimaksud/foto contoh pemenfaatan medsos yang dimaksud.

IV.    Digitalisasi dalam menegemen dan administrasi madrasah

a.   Surat keterangan kepala madrasah

b.   Foto kegiatan dan screen shoot aplikasi digitalisasi dalam menegemen dan administrasi madrasah (bisa berupa link aplikasi jika on line)

V.      Digitalisasi dalam KBM

a.   Surat keterangan kepala madrasah

b.   Foto /screen shoot kegiatan digitalisasi dalam KBM

VI.    Kerjasama dengan pihak luar

a.   Surat perjanjian (MoU)

b.   Foto kegiatan

VII.  Unit usaha madrasah

a.   Deskripsi kegiatan unit usaha

b.   Foto kegiatan unit usaha

VIII.    Inovasi dalam KBM dan atau bidang administrasi

a.   Surat keterang dari kepala madrasah

b.   Foto/Video kegiatan / pemanfaatan inovasi yang dimaksud

IX.    Keunggulan lokal (ekstrakurikuler)

a.   Program/Jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler

b.   Foto kegiatan masing masing ekstrakurikuler yang dimaksud

X.      Pengembangan kurikulum

a.   Program/Jadwal kurikulum  pengembangan

b.   Foto kegiatan pelaksanaan kurikulum pengembangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEDOMAN PENSKORAN/RUBRIK PENILAIAN

 

LOMBA MADRASAH PRESTASI KABUPATEN LUMAJANG 

TAHUN 2022

a.     RKM

Dokumen Visi, Misi dan Tujuan Madrasah yang dijabarkan dalam RKM, RKJM, RKT dan RKAM

(Memiliki Visi, Misi dan Tujuan Madrasah yang Sinergi dan dijabarkan dalam RKM, RKJM, RKT dan RKAM)

Sangat Lengkap

Skor 50

Lengkap

Skor 40

Cukup Lengkap

Skor 30

Kurang Lengkap

Skor 20

Tidak Lengkap

Skor 10

 

b.     Prestasi Madrasah :

Tingkat Kabupaten

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 40

Juara 2

Skor 35

Juara 3

Skor 30

Juara Harapan 1

Skor 25

Juara Harapan 2

Skor 20

 

Tingkat Provinsi

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 60

Juara 2

Skor 55

Juara 3

Skor 50

Juara Harapan 1

Skor 45

Juara Harapan 2

Skor 40

 

Tingkat Nasional

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 100

Juara 2

Skor 90

Juara 3

Skor 80

Juara Harapan 1

Skor 70

Juara Harapan 2

Skor 60

 

c.     Prestasi Guru dan atau Tenaga Kependidikan :

Tingkat Kabupaten

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 40

Juara 2

Skor 35

Juara 3

Skor 30

Juara Harapan 1

Skor 25

Juara Harapan 2

Skor 20

 

 

Tingkat Provinsi

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 60

Juara 2

Skor 55

Juara 3

Skor 50

Juara Harapan 1

Skor 45

Juara Harapan 2

Skor 40

 

Tingkat Nasional

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 100

Juara 2

Skor 90

Juara 3

Skor 80

Juara Harapan 1

Skor 70

Juara Harapan 2

Skor 60

 

d.     Prestasi Kepala Madrasah :

Tingkat Kabupaten

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 40

Juara 2

Skor 35

Juara 3

Skor 30

Juara Harapan 1

Skor 25

Juara Harapan 2

Skor 20

 

Tingkat Provinsi

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 60

Juara 2

Skor 55

Juara 3

Skor 50

Juara Harapan 1

Skor 45

Juara Harapan 2

Skor 40

 

Tingkat Nasional

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 100

Juara 2

Skor 90

Juara 3

Skor 80

Juara Harapan 1

Skor 70

Juara Harapan 2

Skor 60

 

e.     Prestasi Siswa Bidang Akademis :

Tingkat Kabupaten

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 40

Juara 2

Skor 35

Juara 3

Skor 30

Juara Harapan 1

Skor 25

Juara Harapan 2

Skor 20

 

Tingkat Provinsi

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 60

Juara 2

Skor 55

Juara 3

Skor 50

Juara Harapan 1

Skor 45

Juara Harapan 2

Skor 40

 

Tingkat Nasional

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 100

Juara 2

Skor 90

Juara 3

Skor 80

Juara Harapan 1

Skor 70

Juara Harapan 2

Skor 60

 

f.      Prestasi Siswa Bidang Non Akademis :

            Tingkat Kabupaten

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 40

Juara 2

Skor 35

Juara 3

Skor 30

Juara Harapan 1

Skor 25

Juara Harapan 2

Skor 20

 

Tingkat Provinsi

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 60

Juara 2

Skor 55

Juara 3

Skor 50

Juara Harapan 1

Skor 45

Juara Harapan 2

Skor 40

 

Tingkat Nasional

Dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan bukan piala.

Juara 1

Skor 100

Juara 2

Skor 90

Juara 3

Skor 80

Juara Harapan 1

Skor 70

Juara Harapan 2

Skor 60

 

g.     Menjadi pilihan masyarakat (jumlah peserta PPDB selama 3 tahun terakhir)

 

PPDB 3 Tahun terakhir meningkat

Menjadi pilihan masyarakat dibuktikan dengan jumlah total peserta didik selama 3 tahun meningkat (Print Out Emis selama 3 tahun)

 

>20 %

Skor 50

16 s/d 20%

Skor 40

11 s/d 15 %

Skor 30

6 s/d 10%

Skor 20

1 s/d 5 %

Skor 10

 

h.     Sistem PPDB melalui seleksi atau tes (Pemetaan/Asesmen Diagnostik)

     

Sistem PPDB/Pemetaan/Asesmen.

Sistem PPBD melalui sleksi (Pemetaan / Asesmen).

Dilengkapi dengan instrument asesmen, berita acara, absen, dokumen.

 

Dokumen Sangat lengkap

Skor 50

Dokumen Lengkap

Skor 40

Dokumen Cukup Lengkap

Skor 30

Dokumen Kurang Lengkap

Skor 20

Dokumen Tidak Lengkap

Skor 10


i.      Status Akreditasi

 

Lulusan Madrasah

Status Akreditasi (Piagam Akreditasi)

A

Skor 40

B

Skor 35

C

Skor 20

 

j.      Memilki guru yang berkualitas, profesional dan proporsional

 

Kualitas Guru

Dibuktikan dengan Print Out Simpatika dan Emis

91 s/d 100 % Linier Ijazah/TPG

Skor 40

81 s/d 90 % Linier/TPG

Skor 35

71 s/d 80 % Linier/TPG

Skor 30

61 s/d 70 % Linier/TPG

Skor 25

50 s/d 60 % linier?TPG

Skor 20

 

 

 

 

2.    Madrasah Inspiratif;

 

a.     Menerima kunjungan studi banding

 

Menerima kunjungan study banding dari madrasah/sekolah lain.

Dibuktikan dengan :

·         Surat Permohonan

·         Berita Acara

·         Daftar Hadir

·         dokumen

 

1 s/d 3 Kali

Skor 25

4 s/d 6 Kali

Skor 50

7 s/d 9 Kali

Skor 75

≥10  Kali

Skor 100

 

b.     Memanfaatkan narasumber pembelajaran dari orang tua/wali murid dari luar

 

Memanfaatkan narasumber pembelajaran dari orang tua / wali murid /dari luar

Dibuktikan dengan :

·         Surat Permohonan Narasumber

·         Berita Acara

·         Daftar Hadir / Buku Tamu

·         dokumen

1 s/d 3 Kali

Skor 25

4 s/d 6 Kali

Skor 50

7 s/d 9 Kali

Skor 75

≥10  Kali

Skor 100

 

c.     Kepala madrasah/GTK menjadi narasumber dalam kegiatan diluar madrasah

 

Memanfaatkan narasumber pembelajaran dari orang tua / wali murid/dari luar.

Kamad / guru menjadi narasumber manajerial / Akademik baik di luar atau dalam lembaga, baik daring atau luring

Dibuktikan dengan :

·         Surat Permohonan

·         Berita Acara

·         Daftar Hadir

·         dokumen

 

1 s/d 3 Kali

Skor 25

4 s/d 6 Kali

Skor 50

7 s/d 9 Kali

Skor 75

≥10  Kali

Skor 100

 

d.     Memiliki produk yang berhasil guna dan berimbas

 

Memiliki produk yang berhasil guna dan berimbas.

bagi pengembangan Manajerial / Akademik

Dibuktikan dengan :

·         Kesenian

·         Aplikasi

·         Manajemen (SIM)

1 s/d 3 Produk

Skor 25

4 s/d 6 Produk

Skor 50

7 s/d 9 Produk

Skor 75

≥10  Produk

Skor 100

 

e.     Kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan

 

Kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan

Dibuktikan dengan :

·         RPP

·         Produk Siswa

·         dokumen

 

1 s/d 3 Kegiatan

Skor 25

4 s/d 6 Kegiatan

Skor 50

7 s/d 9 Kegiatan

Skor 75

≥10  Kegiatan

Skor 100

 

f.      Buku atau alat komunikasi antara madrasah dengan orang tua/ wali murid

 

Buku atau alat komunikasi antara madrasah dengan orang tua/ wali murid

Dibuktikan dengan :

Buku Penghubung / Aplikasi Penghubung

 

1 s/d 3 Alat komunikasi

Skor 25

4 s/d 6 Alat komunikasi

Skor 50

7 s/d 9 Alat komunikasi

Skor 75

≥10  Alat komunikasi

Skor 100

 

g.     Budaya Literasi

 

Budaya Literasi

 

 

Program kegiatan

Skor 25

Dokumen Hasil Kegiatan

Skor 50

Produk Siswa dan Guru yang diunggah di Website

Skor 25

Produk Siswa dan Guru yang diunggah di  ISBM.

Skor 50

 

Ket. Skor Berlaku Akumulatif

 

h.     Karya tulis

 

Karya tulis

(GTK / Siswa)

 

1 s/d 3 Karya Tulis

Skor 25

4 s/d 6 Karya Tulis

Skor 50

7 s/d 9 Karya Tulis

Skor 75

≥10  Karya Tulis

Skor 100

 

i.      Kegiatan pembentukan karakter siswa

 

Kegiatan pembentukan karakter siswa.

Dibuktikan dengan Program, Dokumen Kegiatan

1 s/d 3 Kegiatan

Skor 25

4 s/d 6 Kegiatan

Skor 50

7 s/d 9 Kegiatan

Skor 75

≥10  Kegiatan

Skor 100

 

j.      Keterlibatan stakeholder pada kegiatan madrasah

 

Keterlibatan stakeholder pada kegiatan madrasah

Dibuktikan dengan :

·         SK

·         Dokumen

·         Notulen

·         Undangan

·         Daftar hadir

 

1 s/d 3 Kegiatan

Skor 25

4 s/d 6 Kegiatan

Skor 50

7 s/d 9 Kegiatan

Skor 75

≥10  Kegiatan

Skor 100

 

 

3.    Madrasah Inovatif

 

a.     Program yang unik dan berbeda dengan madrasah sekitar

 

Program yang unik dan berbeda dengan madrasah sekitar dan ada bukti aktivitas selama 1-3 tahun terakhir

1 s/d 3 

Skor 25

4 s/d 6  

Skor 50

7 s/d 9     

Skor 75

≥10  

Skor 100

 

b.     Mempunyai website madrasah

 

Mempunyai website madrasah dengan menu/sub menu yang aktif 3 bulan terakhir.

Jumlah menu yang dipertimbangkan

·         PPDB

·         Produk Literasi

·         Produk pembelajaran

·         Blok guru

·         Info Madrasah dll

1 s/d 3

Skor 25

4 s/d 6 

Skor 50

7 s/d 9 

Skor 75

≥10  

Skor 100

 

c.     Memanfaatkan  media sosial dalam pengembangan dan sosialisasi madrasah

 

Memanfaatkan  media sosial dalam pengembangan dan sosialisasi madrasah, Media yang berbeda. Seperti Website, FB, IG

 

1 s/d 3

Skor 25

4 s/d 6 

Skor 50

7 s/d 9 

Skor 75

≥10 

Skor 100

 

d.     Penggunaan digitalisasi dalam kegiatan menegemen dan administrasi

 

Penggunaan digitalisasi dalam kegiatan menegemen dan administrasi/SIM yang berbeda.

Dibuktikan dengan :

·         SIM

·         E learning

·         IDN

1 s/d 3

Skor 25

4 s/d 6

Skor 50

7 s/d 9

Skor 75

≥10 

Skor 100

 

 

e.     Penggunaan digitalisasi dalam proses  pembelajaran

 

Penggunaan digitalisasi dalam proses  pembelajaran

Dibuktikan dengan :

·         Google Form

·         Google Class Room

·         World Word

·         Aplikasi lain (LMS)

1 s/d 3 Aplikasi

Skor 25

4 s/d 6 Aplikasi

Skor 50

7 s/d 9 Aplikasi

Skor 75

≥10  Aplikasi

Skor 100

 

 

f.      Kerjasama dengan pihak lain/luar dalam pengembangan madrasah

 

Kerjasama dengan pihak lain/luar dalam pengembangan madrasah selama 1-3 tahun terakhir

1 s/d 3  MOU 

Skor 25

4 s/d 6  MOU 

Skor 50

7 s/d 9 MOU 

Skor 75

≥10   MOU

Skor 100

 

g.     Memiliki unit usaha yang berdampak pada kemandirian madrasah

 

Memiliki unit usaha yang berdampak pada kemandirian madrasah dan ada bukti aktifitas 1-3 tahun terakhir

1 s/d 3  Unit usaha

Skor 25

4 s/d 6  Unit usaha

Skor 50

7 s/d 9  Unit usaha

Skor 75

≥10  Unit usaha

Skor 100

 

h.     GTK yang mempunyai inovasi dalam pembelajaran dan atau solusi administrasi yang “smart”

 

GTK yang mempunyai inovasi dalam pembelajaran dan atau solusi administrasi yang “smart” selama 1-3 tahun terakhir.

Guru yang mempunyai media hasil karya sendiri.  Vidio, media dari bahan bekas. RPP yang terkait yang sesuai dengan media yang dibuat.

1 s/d 3  Inovasi

Skor 25

4 s/d 6  Inovasi

Skor 50

7 s/d 9  Inovasi

Skor 75

≥10   Inovasi

Skor 100

 

i.      Memiliki keunggulan lokal yang dikembangkan melalui ektra kurikuler

 

Memiliki Program keunggulan lokal yang dikembangkan melalui ektra kurikuler dan ada bukti aktifitas selama 1-3 tahun terakhir.

(Program Dokumen Kegiatan)

1 s/d 3  Program unggul

Skor 25

4 s/d 6  Program unggul

Skor 50

7 s/d 9  Program unggul

Skor 75

≥10   Program unggul

Skor 100

 

 

j.      Pengembangan kurikulum dari yang sudah baku sehingga muncul program baru

 

Pengembangan kurikulum dari yang sudah baku sehingga muncul program baru dan ada bukti aktifitas selama 1-3 tahun terakhir

1 s/d 3  Program baru

Skor 25

4 s/d 6  Program baru

Skor 50

7 s/d 9  Program baru

Skor 75

≥10   Program baru

Skor 100

 

 

Komentar